Memperhatikan, cost, dan wilayan untuk membuka suatu usaha makanan

Membuat bisnis, dan memperhatikan hal- hal detilnya.

Saat Pandemi Covid, Properti Masih Menjadi Primadona Investasi

Guna memutus mata rantai penyebaran virus corona, pemerintah akhirnya menyerukanphysical distancing, kebijakan ini tentunya dapat membatasi aktivitas masyarakat termasuk kegiatan jual-beli properti. Melihat kondisi ini, sebaiknya pengembang sekarang dapat memikirkan kembali proses pemasaran dengan cara menawarkan produk tanpa harus bertemu langsung dengan calon pembeli. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Ciputra Group mereka saat ini melakukan presentasi virtual melalui aplikasi instagram stay Slot Pulsa dan fb. Jakarta, CNBC Indonesia- Properti menjadi salah satu sektor yang mengalami penurunan kinerja akibat ketidakpastian global di masa pandemi corona. Namun menurut CEO Travelio, Hendry Rusli tetap ada peluang untuk berinvestasi di sektor ini, baik di segmen perumahan, komersial, segemn ritel, segmen bisnis properti hingga segmen real property.

Leonard menyebutkan persentase pembeli rumah asing pada kuartal II-2020 tercatat sebesar 18,3%. Angka itu tidak jauh berbeda dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 19,9%. “Dan masa Covid ini justru untuk apartemen ini banyak yang nanya sewa dari Singapura karena kondisi gaji dipotong dan ada yang usaha off dulu. Selain itu ada juga warga dari luar kota juga mulai mencari tempat sewa karena ditugaskan di Batam,” ungkap Ruslan. Investasi properti dinilai akan menjadi investasi yang menguntungkan jangka panjang. Karena menurutnya ketika kondisi mulai pulih banyak yang membutuhkan properti di Batam baik untuk disewa maupun untuk dibeli.

Berdasarkan strukturnya, Rp51,1 triliun alias eighty two persen penyalurannya ditujukan untuk modal kerja perusahaan properti terbuka. Selain itu, perlu ada inovasi dan ide-ide baru dari para pelaku industri baik, dari sisi produk maupun dari sisi penjualan, untuk menggapai calon investor dan pembeli produk properti. Ali menyebut, rumah tipelanded home yang masih akan banyak diminati di 2021. Sementara sektor properti yang paling cepat mengalami recovery yakni untuk perumahan terutama untuk harga Rp 500 juta dan Rp 1 miliar. “Masyarakat dapat memanfaatkan insentif pemerintah ditambah dengan promo dari pengembang,seperti program Aku Mampu dari Swancity, untuk membeli rumah siap huni di LavonI atau Lavon II dengan harga mulai dari Rp875 juta,” ucapnya.

Masyarakat yang ingin tahu peruntukan lahan di kawasan A, misalnya, bisa datang ke Mal Pelayanan Publik. Apakah titik tersebut masuk kawasan untuk pertanian, perumahan, industri, pariwisata, dan lain-lain,” pungkas Murdi. Menurut Murdi, meski banyak perumahan baru dibangun beberapa tahun terakhir, namun pembangunan tersebut tidak dilakukan secara serampangan, melainkan mematuhi rencana tata ruang wilayah ataupun rencana element tata ruang yang ditetapkan pemerintah. Sebenarnya masih menjanjikan untuk diinvestasikan, namun sekarang harga logam mulia sedang memuncak.

Bisnis properti saat corona

Pengusaha properti, Clement Francis melihat di tahun 2021, dengan adanya program vaksinasi akan membuat ekonomi kembali bergairah dibandingkan tahun 2020. Adapun harga property yang akan diminati masyarakat yaitu di bawah Rp 2 miliar. Ia menyampaikan bahwa pengusaha property juga harus bisa mengikuti perubahan perilaku konsumen yang sudah beralih ke arah digital.